Owen Wilson Dalam Film “No Escape”

11190818_ori
No Escape dimainkan oleh Owen Wilson, Lake Bell & Pierce Brosnan

Saat pertama kali melihat trailer untuk film ini, gw langsung tertarik karena ternyata Owen Wilson ada di dalam film ini. Mengingat bahwa Owen Wilson dikenal sebagai aktor pada film komedi, menjadi hal yang menarik saat kini ia berada di dalam film non-komedi. Ini bukan pertama kalinya ia bermain di dalam film non-komedi, hanya saja ini bukan hal yang biasa. Karena penasaran bagaimana penampilannya, gw pun memutuskan untuk menonton film ini. And it’s actually not bad for him.

Sayangnya film ini terlalu linear dan one-sided. Bahkan banyak sekali review buruk tentang film ini. Tetapi kebanyakan review ada hanya memperhatikan pada satu aspek film saja. Tentunya hal ini menjadikan review mereka sangat subjektif. Maka dari itu, gw akan mencoba untuk mereview film ini dengan lebih objektif.

28-no-escape-w529-h352
Owen Wilson berusaha menyelamatkan diri dari serangan pemberontak lokal.

Ok, kita mulai dari penampilan para pemainnya. Owen Wilson tampil dengan sangat memukau dan berhasil mengesampingkan image komedian pada dirinya, hanya saja karakter yang dimainkan tidak jauh berbeda dengan film-film sebelumnya. Seperti halnya Seth Rogen yang mana ia selalu menjadi dirinya sendiri di setiap film, dalam kasus Owen Wilson pun seperti itu, hanya saja ia tampil lebih baik. Lalu 2 aktris cilik yang ada di dalam No Escape, Sterling Jerins & Claire Geare tampil sangat-sangat luar biasa. Mereka berhasil memainkan seorang anak kecil yang berusaha bertahan dalam situasi mencekam. Ketakutan, kesedihan, depresi, lelah, dan lainnya bisa dimainkan dengan sangat meyakinkan. Bahkan gw berani berkata bahwa akting mereka sedikit lebih baik dibandingkan Owen Wilson dan Lake Bell dalam film No Escape.

Lalu ada Pierce Brosnan yang awalnya gw kira bermain sebagai co-star, ternyata ia lebih seperti filler actor. Screentime yang sangat sedikit membuat gw sedikit sulit melihat dia sebagai bagian dari film. Padahal karakter dirinya bisa menjadi sebuah kunci dalam menceritakan plot di dalam film. Sayangnya tidak.

owen-wilson-no-escape
Satu keluarga Amerika di tengah konflik lokal.

Berbicara tentang plot, seperti yang sudah gw katakan di atas bahwa film ini sangatlah linear dan one-sided. Gw sebut one-sided karena tidak ada penjelasan yang detil tentang mengapa plot di dalam film ini terjadi. Gw akui banyak adegan yang menarik dan mengejutkan di dalam film ini. Namun hal ini tidak menutup kenyataan bahwa sang direktor terlalu banyak menciptakan plot yang tidak ada artinya, yang menjadikan film ini menjadi one-sided. Walaupun gw merasa mulai menghayati film ini, tapi banyak sekali poin yang tidak terjelaskan. Tidak heran sepanjang film gw selalu bertanya “Kok bisa begini? Kok bisa begitu?”.

Sebuah film seharusnya bisa menyeimbangkan antara plot & story karena kedua hal ini saling mengisi satu sama lain dan menciptakan sebuah cerita yang kuat, sayangnya No Escape terlalu banyak mengandung plot dan sedikit story, menjadikan segala kejadian yang ada di dalam film tidak terjelaskan dan tidak berarti sama sekali. Kekurangan lainnya yaitu tidak ada sedikit pun cerita dari pihak antagonis. Para anggota pemberontak yang menjadi antagonis di dalam film ini digambarkan sebagai pemberontak yang brutal dan haus darah, namun tidak dijelaskan siapa pemimpin atau sosok yang menggerakan para pemberontak ini. Padahal di dalam film, diperlihatkan sosok yang gw dan para penonton lain anggap sebagai pemimpin pemberontakan. Serta dalang dari pembantaian yang terjadi pun hanya diceritakan sangat-sangat minim. Kita hanya tahu siapa yang menjadi dalang masalahnya dan apa yang telah dilakukannya. Padahal karakter utama yang dimainkan Owen Wilson adalah bagian dari “the real antagonist”, namun tidak ada cerita diantara mereka (ciee). Hal ini membuat story yang terlalu simpel dengan bertumpuk plot-plot kosong. Banyak sekali poin yang masih bisa dikembangkan agar film ini bisa menjadi lebih baik, sayangnya potensi tersebut tidak dimanfaatkan oleh sang direktor.

no-escape-2-560x308
What the hell happened with this movie, guys?

Cinematography yang digunakan sangat baik dan berhasil menciptakan suasana kacau, panik dan tegang. Tapi sebenarnya gua tidak bisa berkomentar banyak pada poin ini, karena sebaik apapun cinematography yang digunakan tidak akan menjadikan film ini menjadi lebih baik. Terkecuali bila pada awalnya film ini memang menyajikan hal lain selain story & plot seperti contohnya film dokumenter, mungkin gw akan berbicara banyak masalah ini.

Kesimpulannya, film ini menarik namun mengecewakan. Seperti buah mangga yang belum matang, rasanya bisa lebih manis lagi. Tapi gw apresiasi penampilan para pemainnya karena setidaknya akting mereka sangat baik di dalam film ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s